Mengenal Jenis Filter Udara dan Cara Merawatnya

Perawatan kendaraan bukan Perawatan kendaraan bukan hanya hanya pada bidang mesin atau jaga supaya penampilan luar atau kabin mobil selalu bersih. Elemen lain harus juga jadi perhatian.

Salah satunya sisi yang jangan lepas dari pengecekan ialah penyaring udara yang berperan memfilter debu dan partikel kotoran benar-benar lembut ke mesin mobil. Perawatan kendaraan bukan

Diambil dari Wuling, filtrasi dilaksanakan supaya kotoran tidak masuk di ruangan pembakaran. Seiring waktu berjalan, debu dan partikel kotoran yang tersaring akan menimbun dan menutup pori-pori filter.

Ada tiga tipe bahan yang dipakai penyaring udara mobil, yakni kertas, busa, dan kain. Filter kertas adalah tipe yang sering dipakai dan dibuat pabrikasi.

Daya saring filter tipe ini baik sekali, sebab bisa memfilter partikel debu benar-benar kecil.

Tipe filter ke-2 ialah busa atau foam sebagai komponen saring. Filter ini kerap disebutkan wet foam filter sebab pemakaianya memerlukan oli untuk tangkap kotoran yang memiliki ukuran benar-benar kecil. Sayang, filter ini berusia pendek.
Ke-3 ialah filter memiliki bahan kain. Bahan kain ini populer benar-benar bagus untuk memfilter kotoran dan benar-benar gampang dibikin bersih.
Kelebihan khusus dari filter tipe ini ialah usia gunakan yang paling panjang sebab bisa digunakan berkali-kali.
Filter juga harus kerap ditukar tiap tempuh jarak 30 ribu-40 ribu km. Bila kerap melalui jalan berdebu, seharusnya filter ditukar tiap 20 ribu-25 ribu km.
Harga filter mobil cukup beragam bergantung dari berbahan. Biasanya harga filter dengan bahan kertas berkualitas baik sekitar Rp100 ribu-Rp200 ribu, yang memiliki bahan busa kualitas baik Rp200 ribu-Rp350 ribu, dan kain Rp300 ribu-Rp450 ribu.
Harga filter kain tambah mahal dibanding yang lain. Ini disebabkan karena mutunya yang jauh lebih bagus dibanding kertas dan busa.
Ketika menentukan filter, ingat yang jadi perhatian ialah mutunya, bukan harga. Janganlah sampai tertipu dengan harga terjangkau, tetapi mutunya menyebalkan.
Penyaring udara mobil harus dilihat secara periodik oleh pemilik kendaraan. Jika sudah kotor, tetapi masih di bawah usia penggunaan, kamu dapat membersihkannya. Ini beberapa cara bersihkan penyaring udara mobil.
Membuka kap mesin dan membuka rumah filter untuk keluarkan penyaring udara.
Mengeluarkan penyaring udara, dan yakinkan Anda ketahui tentu tipe penyaring udara agar tidak salah bersihkan.
Untuk penyaring udara memiliki bahan kertas, tidak boleh dicuci sama air sebab akan menghancurkan partikel kertas.
Pakai udara bertekanan tinggi agar dapat bersih dari kotoran dan debu.
Untuk penyaring udara memiliki bahan busa, kamu dapat memakai kombinasi sabun dan air bersihkan untuk membersihkannya.
Tetapi, kamu harus waspada dalam memerahnya, tidak boleh kerjakan dengan terlalu berlebih dan angin anginkan agar bersih dan kering.
Untuk filter memiliki bahan kain, kamu dapat memakai kombinasi sabun dan air bersihkan untuk membersihkannya.
Keringkan dan angin anginkan agar kembali bersih dan kering.
Membersihkan rumah filter agar tidak tinggalkan kotoran
Pasang lagi penyaring udara dan tutup kembali rumah filter.
Yakinkan semua dipasang secara benar untuk menahan kebocoran udara.